Pengertian Persaingan (Competition) dan Contohnya

Pengertian Persaingan (Competition) dan Contohnya| Secara umum, Pengertian persaingan (competition) adalah suatu proses sosial ketika ada dua pihak atau lebih saling berlomba dan berbuat sesuatu untuk mencapai kemenangan tertentu. Persaingan terjadi apabila terdapat beberapa pihak menginginkan sesuatu yang jumlahnya terbatas atau mejadi pusat perhatian umum. Seperti, ribuan remaja bersaing agar masuk jajaran dua belas besar penyanyi idola. Persaingan mengacu pada norma dan nilai yang diakui bersama dan berlaku pada mayarakat tersebut. Kecil dari kemungkinan pada persaingan menggunakan kekerasan atau ancaman. Sehingga dapat dikatakan bahwa persaingan dilakukan secara sehat atau sportif.

Persaingan yang disertai dari kekerasan, ancaman dan juga dari keinginan untuk merugikan pihak lain dinamakan persaingan tidak sehat. Dalam hal ini, tindakan itu tidak lagi dinamakan persaingan, melainkan kepada permusuhan atau persengketaan. Apa pun hasil suatu persaingan hendaknya diterima dengan kepala dingin, tanpa rasa dendam sedikit pun. Sejak awal, tiap pihak bersaing menyadari akan ada yang menang dan kalah. 

Contoh-Contoh Persaingan (Competition) - Berikut beberapa contoh persaingan (competition)....
  • Bidang ekonomi, persaingan antara produsen barang sejenis dalam merebut pasar yang terbatas
  • Dalam hal ini kedudukan persaingan untuk menduduki jabatan strategis
  • Dalam kebudayaan persaingan dalam penyebaran ideologi, pendidikan, dan unsur kebudayaan lainnya. 
  • Menyalurkan keinginan individu atau kelompok yang sama-sama menuntut dipenuhi, padahal sulit untuk dipenuhi semuanya secara serentak. Contohnya, membangun jalan desa atau dengan memperbaiki pos keamanan di lingkungan permukiman. 
  • Menyalurkan kepentingan serta nilai dalam masyarakat, khususnya pada kepentingan dan nilai yang menimbulkan konflik. Contohnya di Provinsi Aceh warganya tidak boleh berpakaian minim atau pendek, mereka juga harus berpakaian islami. 
  • Menyeleksi individu yang juga pantas memperoleh kedudukan serta peran yang sesuai dengan kemampuannya
Demikianlah informasi mengenai Pengertian Persaingan (Competition) dan Contohnya. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian persaingan (competition), dan contoh persaingan (competition). Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".
Referensi : 
  • Muin, Idianto. 2013. Sosiologi untuk SMA/MA Kelas X. Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta : Erlangga. Hal : 70-71
 suatu proses sosial ketika ada dua pihak atau lebih saling berlomba dan berbuat sesuatu u Pengertian Persaingan (Competition) dan Contohnya
Jangan Lupa SHARE yah Teman-Teman :).