Cara Unlock Xiaomi Bootloader dengan Mudah

Smartphone Xiaomi merupakan salah saru brand ponsel ternama yang saat ini tengah daun. Pasalnya banyak produk baik ponsel, modem, headset, dan lainnya yang laku dipasaran. Ya, Xiaomi ini memiliki ciri khas spesifikasi produk yang berkualitas namun diharga ekonomis yang tidak membuat kantong kering. Untuk menjaga keamanan ponsel Xiaomi, apapun jenis tipe ponselnya. Xiaomi ini dilengkapi dengan sistem bootloader yang terkunci. Namun, tahukah kamu jika ternyata sistem lock bootloader tersebut bisa di unlock? Buat kamu yang penasaran, yuk simak cara unlock Xiaomi bootloader dengan mudah berikut ini!

Sebelum mengupas lebih lanjut mengenai cara unlock Xiaomi, kamu harus tahu apa itu bootloader. Apakah setiap ponsel dilengkapi sistem bootloader yang berbeda? Jawabannya adalah ya, setiap ponsel selalu dilengkapi dengan sistem operasi atau OS yang berbeda, begitu juga dengan xioami yang memiliki bootloader yang di lock. Bootloader merupakan sebuah kode yang harus diproses sebelum mulai berjalannya sistem operasi. Sebenarnya dengan me-lock atau mengunci bootloader, ponsel kamu akan tetap aman. Sebuah ponsel yang masih terjaga sistem lock-nya, vendor xiaomi bertanggung sepenuhnya pada ponsel bahkan dalam pemberian update-nya. Namun, kebanyakan orang memilih me-unlock bootloader Xiaomi untuk keperluan root dan sebagainya tanpa sadar jika sudah unlock, vendor sudah lepas tangan terhadap jaminan keamanan maupun informasi update-nya.

Langkah pertama dari cara unlock Xiaomi yang perlu kamu persiapkan adalah pastikan jika kamu mempunyai akun mi. Jika belum, segera buat akun mi milikmu terlebih dahulu dari ponsel menggunakan nomor hp yang akan kamu hubungkan dengan akunmu. Setelah usai, bukalah link request unlock bootloader Xiaomi kemudian klik unlock now. Selanjutnya, kamu akan diberi tampilan yang memintamu untuk login menggunakan akun mi milikmu. Isilah terlebih dahulu nomor handphone dan ID akun saat pertama kali kamu mendaftar. Apa yang terjadi kemudian? Ya, jika kamu termasuk orang yang beruntung, kamu akan mendapat SMS notifikasi yang menunjukkan jika smartphone Xiaomi kamu bisa di-unlock. Namun, jika belum beruntung, kamu harus bersabar menanti SMS tersebut paling tidak selama 10 hari.

Langkah cara unlock Xiaomi berikutnya yaitu segera menuju laman MIUI unlock untuk login dengan akunmu setelah mendapatkan SMS pemberitahuan ya. Jika belum, jangan login ke situs tersebut dulu ya. Setelah login, segera kamu download Mi unlock dan tunggu sampai selesai diunduh. Jika sudah selesai, langsung saja buka file bernama miflashunlock.exe dan login kembali dengan akun yang sama pada aplikasi Mi Unlock yang baru saja kamu download. Lalu, hubungkan ponselmu ke komputer dengan menggunakan USB. Jangan lupa untuk masuk ke mode bootloader sambil menekan dan menhaan tombol power beserta volume down bersamaan dalam keadaan ponsel mati. Jika sudah terhubung, klik unlock now dan tunggu sampai proses unlock bootloader ponsel Xiaomi-mu selesai.

Nah, itu dia cara unlock Xiaomi yang bisa kamu lakukan sendiri tanpa minta bantuan pada tukang servis dan tanpa biaya. Ingat ya, dalam proses unlock bootloader tersebut, pastikan kamu lakukan step by step dengan benar ya, supaya tidak terjadi perubahan yang tidak diinginkan. Kamu dapat mengecek status bootloadermu apakah sudah unlock dan jika sudah, kamu bebas mengupgrade ponselmu berupa modifikasi ROM, pasang akses root, dan lain sebagainya. Mudah bukan? Yuk, segeran tentukan pilihanmu untuk meng-unlock Xiaomi-mu atau tidak.