Cara Unlock Smartfren Menjadi GSM

Kebanyakan orang yang menggunakan smartphone smartfren selalu diharuskan untuk menggunakan kartu internet CDMA smartfren pula. Namun, sampai saat ini, banyak orang pula yang mencari-cari tahu bagaimana cara mengganti sistem kartu CDMA tersebut supaya kamu bisa menggunakan kartu lain untuk internetan. Kartu smartfren memang telah memperluas jaringannya menjadi 4G sehingga diragukan oleh harga kartu CDMA tersebut yang mahal. Untuk mengantisipasi harga yang selangit tersebut, banyak pelanggan ponsel smartfren yang beralih ke kartu provider lainnya yang lebih terjangkau. Nah, untuk bagaimana cara unlock smartfren dari CDMA menjadi GSM, kamu perlu membaca artikel berikut ini.

Pada dasarnya sistem CDMA ini hanya akan aktif diaktifkan dan sebaliknya. Maka, ketika kamu menonaktifkan layanan tersebut, maka layanan internet akan aktif pada layanan jaringan GSM. Mari simak cara unlock smartfren tersebut untuk lebih jelasnya. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah download dan instal-lah aplikasi unlocker sebagai pihak ketiga untuk meng-unlock CDMA smartfren-mu salah satunya dengan aplikasi Any Cut. Kamu bisa mencarinya di google play store dan segera pasanglah aplikasinya. Setelah usai, buka aplikasi Any Cut tersebut dan kamu akan ditampilkan sebuah tampilan, buatlah shortcut baru. Cara membuat shortcut baru dengan cara klik new shorcut kemudian activity lalu select subscripsion.

Cara unlock smartfren selanjutnya yaitu ubahlah nama Select Subscription sesuai dengna keinginan kamu, misalnya My GSM lalu klik oke. Setelah usai, langkah berikutnya buatlah shortcut APN juga. Bagaimana caranya? Tidak jauh berbeda dengan cara membuat shortcut subscription yaitu klik menu new shortcut lalu activity kemudian APN. Ganti nama shortcut APN sesuai dengan nama kesukaanmu lalu oke. Sejauh ini, kamu sudah membuat 2 shortcut bukan? Masuklah ke shortcut My GSM dan hilangkah centang pada RUIM card 1 dan centang pada sim card 2. Jika sudah, klik oke.

Bila sudah kamu lakukan langkah tersebut, cara unlock smartfren berikutnya yaitu buka APN lalu pilih provider yang kamu gunakan pada sim 2. Pastikan kamu kosongkan semua kolom proxy dan port atau dengan kata lain tidak diatur. Jika sudah selesai, kamu dapat memastikan apakah cara yang kamu lakukan sudah berhasil dengan cek sinyal sim 1 yang digunakan khusus CDMA, jika sinyal tersebut hilang, maka kamu telah berhasil mengubah sinyal CDMA menjadi GSM. Sebelum mencoba internet kartu GSM, lebih baik jika kamu me-refresh ponselmu terlebih dahulu dengan mematikan data internet dan hidupkan lagi. Maka, kamu boleh mengaktifkan data internetmu dengan mencoba masuk ke halaman url tertentu. Sinyal internet CDMA tetap akan hilang dan hanya ada sinyal GSM kamu. Jangan khawatir jika kamu tidak akan kembali memperoleh sinyal CDMA lagi, karena kamu bisa kembali lagi ke mode CDMA dengan cara masuk ke My GSM dan ceklis pada RUIM card 1, refresh, dan internet akan kembali seperti semula. Mudah bukan?

Nah, itu dia langkah komplit untuk kamu yang lagi cari cara unlock smartfren supaya bisa digunakan untuk internetan menggunakan kartu selain smartfren. Tahukah kamu kelemahan dari sistem unlock ini? Ya, karena sim 2 diletakkan pada slot 2 ponsel kamu yang hanya bisa support sinyal 2G EDGE, kecepatan internet akan lebih lambat daripada sinyal sim 1 pada slot 1. Maka, akan lebih baik jika kamu lebih mengutamakan kecepatan browsing, tetap gunakan sim 1 (CDMA) sedangkan sim 2 (GSM) untuk kondisi supaya lebih irit