Cara Unlock Modem Smartfren Menjadi GSM

Smartfren memang dari dulu berdiri dan berkembang menjadi satu perusahaan gadget sekaligus provider yang support gadget tersebut seperti handphone, modem, dan masih banyak lagi. Dengan satu paket produknya yang tak bisa dipisahkan, dapat dibayangkan seberapa keuntungan yang dapat diperoleh bukan? Nah, kini telah hadir modem smartfren yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia karena jaringannya yang semakin membaik atau lancar dari waktu kewaktu. Pada tahun 2016 lalu, smartfren hadir sekaligus dengan andromax m2s yang didesain dengan antena LTE atau biasa disbut 2T2R. Fungsi dari antena tersebut adalah menangkap sinyal sehingga mampu memancarkan sinyal yang lebih kuat. Jadi, proses dowload atapun upload bisa berjalan lancar dijaringan 4G. Kebolehan dari sinyal smartfren yang semakin oke ini menjadi daya tarik sendiri bagi orang-orang yang bergelut tidak jauh dari koneksi internet. Sayangnya, untuk bisa menggunakan modem smartfren dengan kartu lain, kamu perlu melakukan teknik berupa cara unlock modem smartfren supaya bisa berfungsi GSM.

Bagi orang yang tidak tahu, selamanya pasti akan menggunakan kartu CDMA yang sesuai dengan modem smartfren. Tapi, siapa sangka jika modem smartfren bisa diatur sehingga bisa juga support kartu GSM lainnya bahkan kedua-duanya, CDMA dan GSM. Bagaimana cara unlock modem smartfren tersebut? Perhatikan langkah-langkahnya berikut ya. Langkah pertama, silahkan kamu download aplikasi DC unlocker sebagai firmware yang nantinya akan meng-unlock modemnya, dari situs resmi aplikasi tersebut.

Kelebihan aplikasi DC unlocker ini bisa digunakan untuk meng-unlock berbagai jenis modem ataupun smartphone kamu supaya bisa dipakai kartu lain lho. Setelah selesai didownload, cara unlock modem smartfren selanjutnya adalah segera instal aplikasi ini di bagian desktop supaya mudah pencarian saat instal aplikasi ini. Sudahkah kamu mempersiapkan kartu GSM untuk kamu pasang di modem? Jika sudah. masukkan kartu GSM pada modem smartfren kamu dan hubungkan dengan komputer kamu menggunakan kabel data. Setelah selesai, buka aplikasi dc unlocker dan pada opsi select manufacture pilih jenis modem yang kamu gunakan yaitu smartfren. Setelah itu, pilih tab select model pada opsi menu dan klik auto detect. Aplikasi akan secara otomatis mencari modem yang tersambung berupa smartfrenmu. Pilih opsi unlocking dan secara otomatis dc unlock akan meng-unlock modem smartfren yang tersambung tersebut. Berhasil! Kamu bisa menggunakan modem smartfren untuk kartu internet GSM yang terpasang. Mudah bukan?

Selain cara unlock modem smartfren kadang kamu perlu me-lock lagi modem untuk bisa digunakan untuk kartu CDMA lagi. Pertama, lepaslah dahulu RUIM CDMA dan cabut baterainya. Segera downlad aplikasi file patch lock di google. Download saja dan jangan diekstrak ya guys. Kemudain masukkan file dekstop untuk memudahkan pencarian file. Restart modem dan masulah ke CWM recovery. Instal file patch tadi sampai selesai. Kemudian kamu reboot lagi smartfren sampai selesai dan hidup dan kembali. Sekarang, modem smartfren kamu sudah dalam kondisi lock. Untuk mengubahnya menjadi unlock, lakukan step seperti semula.

Nah, itu dia step by step yang bisa kamu lakukan untuk cara unlock modem smartfren yang kamu punya. Pasti senang bukan bisa memanfaatkan modem baik untuk keperluan kartu GSM atau CDMA. Selain hemat, juga praktis. Yuk segera coba cara tersebut! Jika modem gagal ter-unlock,cobalah lagi step tersebut dan pastikan tidak adalah langkah yang terlewatkan. Silakah pakai firmware unlocker lain untuk rekomendasi lebih lanjut.