– Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat, Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh, Halaman 80, 81, 82
Bacalah teks bacaan di bawah ini! Garis bawahi informasi penting yang kamu temukan dalam bacaan!
Pesta Rakyat Bogor Cap Go Meh 2015 bukan sekadar untuk mengakhiri perayaan Imlek, melainkan bukti bahwa masyarakat bersatu dalam keberagaman. Perayaan ini bukan hanya sekadar atraksi seni budaya, melainkan simbol rakyat menghargai keberagaman.
Festival tahun ini akan lebih meriah dibandingkan dengan festival sebelumnya. Festival akan dimeriahkan sekitar 10.000 pengisi acara dan kemungkinan disaksikan oleh 100.000 pengunjung. Festival yang akan diliput media elektronik dan media cetak ini akan dinikmati sekitar 30 juta penonton dan pembaca.
Ada penampilan 12 mobil shio, 25 liong, dan 50 barongsai. Selain itu, ada pula bebegig sawah, wayang hihid, tarian jalanan, sepeda, boboko logor, marching band, pasukan pengibar bendera, ogoh-ogoh, parade kos tum, karnaval, dan lengseran. Rute festival lebih panjang, yakni tidak sekadar dari wihara di Jalan Suryakencana sampai simpang ujung Jalan Siliwangi, tetapi melingkar ke Jalan Sukasari, Jalan Pajajaran, Tugu Kujang, dan Jalan Otto Iskandar Dinata. Banyaknya jenis atraksi dari kebudayaan berbeda mencerminkan keberagaman masih dijunjung tinggi. Kepanitiaan tidak eksklusif berasal dari satu komunitas, tetapi justru berasal dari yang berbeda suku, agama, ras, dan antar golongan.
Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan informasi dari bacaan!
1. Apakah yang dimaksud dengan perayaan Cap Go Meh?
Perayaan Cap Go Meh adalah Pesta Rakyat untuk mengakhiri perayaan Imlek, dan juga sebagai bukti bahwa masyarakat bersatu dalam keberagaman. Perayaan ini bukan hanya sekadar atraksi seni budaya, melainkan simbol rakyat menghargai keberagaman.
2. Atraksi apa sajakah yang dapat ditemui di perayaan Cap Go Meh di Bogor?
Perayaan Cap Go Meh di Bogor dimeriahkan oleh atraksi penampilan 12 mobil shio, 25 liong, dan 50 barongsai. Selain itu, ada pula bebegig sawah, wayang hihid, tarian jalanan, sepeda, boboko logor, marching band, pasukan pengibar bendera, ogoh-ogoh, parade kostum, karnaval, dan lengseran.
3. Apakah yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas tentang keberagaman?
Banyaknya jenis atraksi dari kebudayaan berbeda mencerminkan keberagaman masih dijunjung tinggi.
4. Apakah manfaat keberagaman di dalam suatu masyarakat? Berikan pendapatmu!
Manfaat keberagaman diantaranya kita bisa saling menghormati perbedaan agama, suku, status sosial serta memupuk rasa nasionalisme.
Kalian dapat mencari informasi dari buku, majalah, koran, atau internet. Kalian juga bisa melakukan wawancara dengan guru atau pemuka masyarakat di lingkungan sekitar sekolah. Carilah informasi tentang segala aktivitas yang melibatkan partisipasi seluruh anggota masyarakat dari segala kalangan.
Gunakan dua helai kertas A4 yang dilipat menjadi dua untuk membuat buklet. Kamu dapat memperkaya bookletmu dengan gambar-gambar aktivitas yang dimaksud.
Jawab:
Cobalah untuk kembali melatih gerakan tarianmu. Lakukan dalam kelompok-kelompok kecil. Tunjukkan tarian kelompokmu di depan kelas. Berikan masukan saran atau pendapat saat melihat penampilan kelompok lain.
• Apakah kamu berasal dari suku bangsa atau adat istiadat yang sama dengan tarian yang kamu bawakan?
Tidak.
• Apa yang kamu rasakan saat berhasil menguasai tarian daerah milik daerah yang tidak sama dengan daerahmu?
Senang, karena bisa melestarikan budaya Indonesia.
• Maukah kamu mempertunjukkan tarian daerah lain di hadapan kedua orang tuamu? Jelaskan!
Iya, agar orang tua juga mempelajari beberapa budaya di Indonesia. juga untuk melatih kepercayaan diri.
Beni dan Siti bercakap-cakap tentang Festival Cap Go Meh yang dibahas pada kegiatan sebelumnya.
Bersama teman sebangkumu, bacalah teks percakapan Beni dan Siti secara bergantian!
Beni: “Aku tidak menyangka bahwa Festival Cap Go Meh di Bogor menarik begitu banyak perhatian masyarakat.”
Siti: “Iya, dari yang aku baca terdapat sekitar 10 ribu pengisi acara dan akan diliput oleh banyak media cetak dan elektronik yang katanya dinikmati oleh sekitar 30 juta penonton dan pembaca!”
Beni: “Banyak sekali. Bayangkan saja betapa banyaknya penonton televisi, ya.”
Siti: “Itulah mengapa banyak sekali iklan yang ditayangkan di sebuah televise karena jumlah penonton yang amat banyak.”
Beni: “Aku masih teringat dengan tugas mencari kata kunci dalam iklan. Dalam waktu semalam saja, terdapat lebih dari sepuluh jenis iklan.”
Siti: “Pada tugas yang lalu, aku memilih kata kunci yang isinya mengajak dan menarik para penonton.”
Dalam kelompok yang berisikan empat siswa, diskusikanlah kesimpulan tentang ciri-ciri kata kunci yang biasanya terdapat dalam iklan.
Jawab:
• Iklan harus menarik perhatian, baik pembaca, pendengar, atau pemirsa.
• Kata kunci tercantum dalam judul iklan
• Kata kunci dapat diungkapkan melalui gambar
• Disebutkan lebih dari satu kali
Tema 3 Kelas 5 SD Subtema 2 Pembelajran 6
Kunci Jawaban Tematik Halaman 80
Ayo Membaca
Tak ada yang melebihi kekuatan rakyat saat bersatu. Persatuan dapat terwujud dalam suasana rukun dan damai.Bacalah teks bacaan di bawah ini! Garis bawahi informasi penting yang kamu temukan dalam bacaan!
Bogor Siap Gelar Cap Go Meh
Pesta Rakyat Bogor Cap Go Meh 2015 bukan sekadar untuk mengakhiri perayaan Imlek, melainkan bukti bahwa masyarakat bersatu dalam keberagaman. Perayaan ini bukan hanya sekadar atraksi seni budaya, melainkan simbol rakyat menghargai keberagaman.
Festival tahun ini akan lebih meriah dibandingkan dengan festival sebelumnya. Festival akan dimeriahkan sekitar 10.000 pengisi acara dan kemungkinan disaksikan oleh 100.000 pengunjung. Festival yang akan diliput media elektronik dan media cetak ini akan dinikmati sekitar 30 juta penonton dan pembaca.
Ada penampilan 12 mobil shio, 25 liong, dan 50 barongsai. Selain itu, ada pula bebegig sawah, wayang hihid, tarian jalanan, sepeda, boboko logor, marching band, pasukan pengibar bendera, ogoh-ogoh, parade kos tum, karnaval, dan lengseran. Rute festival lebih panjang, yakni tidak sekadar dari wihara di Jalan Suryakencana sampai simpang ujung Jalan Siliwangi, tetapi melingkar ke Jalan Sukasari, Jalan Pajajaran, Tugu Kujang, dan Jalan Otto Iskandar Dinata. Banyaknya jenis atraksi dari kebudayaan berbeda mencerminkan keberagaman masih dijunjung tinggi. Kepanitiaan tidak eksklusif berasal dari satu komunitas, tetapi justru berasal dari yang berbeda suku, agama, ras, dan antar golongan.
Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan informasi dari bacaan!
1. Apakah yang dimaksud dengan perayaan Cap Go Meh?
Perayaan Cap Go Meh adalah Pesta Rakyat untuk mengakhiri perayaan Imlek, dan juga sebagai bukti bahwa masyarakat bersatu dalam keberagaman. Perayaan ini bukan hanya sekadar atraksi seni budaya, melainkan simbol rakyat menghargai keberagaman.
2. Atraksi apa sajakah yang dapat ditemui di perayaan Cap Go Meh di Bogor?
Perayaan Cap Go Meh di Bogor dimeriahkan oleh atraksi penampilan 12 mobil shio, 25 liong, dan 50 barongsai. Selain itu, ada pula bebegig sawah, wayang hihid, tarian jalanan, sepeda, boboko logor, marching band, pasukan pengibar bendera, ogoh-ogoh, parade kostum, karnaval, dan lengseran.
3. Apakah yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas tentang keberagaman?
Banyaknya jenis atraksi dari kebudayaan berbeda mencerminkan keberagaman masih dijunjung tinggi.
4. Apakah manfaat keberagaman di dalam suatu masyarakat? Berikan pendapatmu!
Manfaat keberagaman diantaranya kita bisa saling menghormati perbedaan agama, suku, status sosial serta memupuk rasa nasionalisme.
Ayo Berlatih
Bentuklah satu kelompok yang terdiri atas empat siswa. Buatlah sebuah buku kecil atau buklet berisi kegiatan yang memperlihatkan keberagaman sosial budaya yang terdapat dalam masyarakat.Buklet Keberagaman
Kalian dapat mencari informasi dari buku, majalah, koran, atau internet. Kalian juga bisa melakukan wawancara dengan guru atau pemuka masyarakat di lingkungan sekitar sekolah. Carilah informasi tentang segala aktivitas yang melibatkan partisipasi seluruh anggota masyarakat dari segala kalangan.
Gunakan dua helai kertas A4 yang dilipat menjadi dua untuk membuat buklet. Kamu dapat memperkaya bookletmu dengan gambar-gambar aktivitas yang dimaksud.
Jawab:
Kunci Jawaban Tematik Halaman 81
Pada kegiatan sebelumnya, kita mencoba untuk melakukan gerak tari sederhana, yakni tarian Kancet Papatai dari Kalimantan Timur. Apa yang tengah kita lakukan merupakan sebuah bentuk yang mendukung keberagaman budaya. Dengan menarikan tarian daerah sendiri dan juga daerah lain, kita sudah mendukung pelestarian budaya Indonesia. Budaya Indonesia adalah milik kita bersama.Cobalah untuk kembali melatih gerakan tarianmu. Lakukan dalam kelompok-kelompok kecil. Tunjukkan tarian kelompokmu di depan kelas. Berikan masukan saran atau pendapat saat melihat penampilan kelompok lain.
• Apakah kamu berasal dari suku bangsa atau adat istiadat yang sama dengan tarian yang kamu bawakan?
Tidak.
• Apa yang kamu rasakan saat berhasil menguasai tarian daerah milik daerah yang tidak sama dengan daerahmu?
Senang, karena bisa melestarikan budaya Indonesia.
• Maukah kamu mempertunjukkan tarian daerah lain di hadapan kedua orang tuamu? Jelaskan!
Iya, agar orang tua juga mempelajari beberapa budaya di Indonesia. juga untuk melatih kepercayaan diri.
Beni dan Siti bercakap-cakap tentang Festival Cap Go Meh yang dibahas pada kegiatan sebelumnya.
Bersama teman sebangkumu, bacalah teks percakapan Beni dan Siti secara bergantian!
Beni: “Aku tidak menyangka bahwa Festival Cap Go Meh di Bogor menarik begitu banyak perhatian masyarakat.”
Siti: “Iya, dari yang aku baca terdapat sekitar 10 ribu pengisi acara dan akan diliput oleh banyak media cetak dan elektronik yang katanya dinikmati oleh sekitar 30 juta penonton dan pembaca!”
Beni: “Banyak sekali. Bayangkan saja betapa banyaknya penonton televisi, ya.”
Siti: “Itulah mengapa banyak sekali iklan yang ditayangkan di sebuah televise karena jumlah penonton yang amat banyak.”
Beni: “Aku masih teringat dengan tugas mencari kata kunci dalam iklan. Dalam waktu semalam saja, terdapat lebih dari sepuluh jenis iklan.”
Siti: “Pada tugas yang lalu, aku memilih kata kunci yang isinya mengajak dan menarik para penonton.”
Dalam kelompok yang berisikan empat siswa, diskusikanlah kesimpulan tentang ciri-ciri kata kunci yang biasanya terdapat dalam iklan.
Jawab:
• Iklan harus menarik perhatian, baik pembaca, pendengar, atau pemirsa.
• Kata kunci tercantum dalam judul iklan
• Kata kunci dapat diungkapkan melalui gambar
• Disebutkan lebih dari satu kali
Kunci Jawaban Tematik Halaman 82
Masih dalam kelompok, buatlah sebuah peta pikiran tentang perbedaan dan persamaan kata kunci iklan media cetak dan iklan media elektronik. Gunakan kertas gambar A4 dan pastikan peta pikiranmu menarik.
Jawab:
Tuliskan pula contoh-contoh kata kunci iklan elektronik yang kamu ketahui, misalnya hemat, wangi, tahan lama, dan sebagainya.
Jawab:
(Makanan Sehat & Begizi, Solusi untuk Hidup Sehat dan Awet Muda)
Kata kunci: Makanan sehat dan bergizi
(Cintai Jantung Anda, Konsumsi Sayur dan Buah Segar, Manfaat Prima dengan Rasa yang Dahsyat)
Kata kunci: Jantung, sayur dan buah segar
Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Halaman 80, 81, 82 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam
Jawab:
Tuliskan pula contoh-contoh kata kunci iklan elektronik yang kamu ketahui, misalnya hemat, wangi, tahan lama, dan sebagainya.
Jawab:
(Makanan Sehat & Begizi, Solusi untuk Hidup Sehat dan Awet Muda)
Kata kunci: Makanan sehat dan bergizi
(Cintai Jantung Anda, Konsumsi Sayur dan Buah Segar, Manfaat Prima dengan Rasa yang Dahsyat)
Kata kunci: Jantung, sayur dan buah segar
Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Halaman 80, 81, 82 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam