– Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi, Subtema 1 Sumber Energi, Halaman 21, 23, 25
Tema 2 Kelas 4 SD Subtema 1 Pembelajaran 3
Kunci Jawaban Tematik Halaman 21
Ayo Berlatih
Hari ini kamu akan ke luar kelas untuk bermain bola bersama guru olahragamu. Kalian akan bermain ‘Ayo, Tangkap Bola!’ Bagaimana cara bermainnya? Ayo, ikuti petunjuknya!
Bacalah aturan permainan berikut!
Ayo, Tangkap Bola
Perlengkapan: Bola besar
Aturan bermain:
- Kelas dibagi menjadi dua kelompok, kelompok A dan B.
- Setiap kelompok berbaris menghadap ke depan.
- Anggota kelompok A paling depan memegang bola. Begitu juga dengan kelompok B.
- Masing-masing anggota kelompok harus memantulkan bola sambil berjalan ke arah target. Sampai ditarget, pemain mengelilingi target dan berbalik arah.
- Bola kemudian diberikan kepada anggota kedua dan pemain pertama cepat berlari ke belakang barisan.
- Anggota kedua melakukan hal yang sama. Begitu seterusnya sampai semua anggota mendapat giliran.
- Barisan yang paling cepat menyelesaikan tugas adalah pemenangnya.
Sebelum melakukan permainan, lakukan pemanasan terlebih dahulu bersama gurumu.
Perhatikan arahan dari gurumu tentang teknik melempar dan menangkap bola dengan baik, khususnya teknik melempar bola dengan melambung.
Setelah kamu melakukan permainan melempar dan menangkap bola dengan guru dan temanmu. Bacalah lagi cara bermainnya dan diskusikanlah teknik gerakan dengan gurumu.
Setelah melakukan kegiatan, diskusikanlah hal berikut dengan teman dalam kelompokmu.
Apakah kamu dapat melakukan teknik melempar dan menangkap bola dengan baik?
Ya
Bagaimana dengan siswa lain dalam kelompokmu? Apakah mereka dapat melempar dan menangkap bola dengan baik? Jelaskan.
Jawaban disesuaikan oleh siswa
Apa rencanamu untuk lebih meningkatkan keterampilanmu dalam melempar dan menangkap bola?
Berlatih terus.
Apabila kamu diberi kesempatan untuk mengulangi kegiatan, perbaikan apa yang harus dilakukan?
Melakukan sesuai petunjuk, dan tidak mengulang kesalahan, kalau perlu berlatih terus
Kunci Jawaban Tematik Halaman 23
Ayo Mencoba
Siti memiliki kincir yang terbuat dari kertas. Ia senang memainkannya.
Kincirnya berputar jika tertiup angin.
Siti belajar membuat kincir angin dari ayahnya. Menurut ayahnya, kincir angina yang sebenarnya bisa digunakan untuk menggerakkan alat penumbuk padi atau gandum. Selain itu, juga bisa digunakan untuk menggerakkan alat untuk memompa air.
Maukah kamu memiliki kincir seperti kepunyaan Siti?
Ayo kita membuat kincir sederhana dari bahan kertas atau plastik!
Ikuti langkah-langkah pembuatannya di bawah ini!
Kincir angin dari Kertas
Alat dan bahan:
- Lidi/sumpit kayu
- Gunting
- Lem
- Kertas berbentuk persegi
- Jarum/pin/paku payung
- Langkah-langkah pembuatan:
- Ambil kertas lalu ikuti instruksi
- pada gambar
- Setelah baling-baling kertas siap, tempelkan ke ujung sumpit menggunakan jarum. Pastikan baling-baling bisa berputar.
Kincir angin dari Plastik
Alat dan bahan:
- Botol plastik bekas
- Gabus bekas tutup botol
- Lidi/sumpit
- Gunting
Langkah-langkah pembuatan:
- Gunting botol plastik menjadi 4 bentuk persegi untuk baling-baling
- Buatlah 4 sayatan sepanjang baling-baling plastik, atur agar jaraknya sama.
- Masuk an baling-baling ke dalam setiap sayatan tersebut.
- pasang sumpit/lidi di bagian tengah gabus
- Kincir siap digunakan
Tambahan:
Potongan bagian dasar botol, buat dua lubang di sisi kanan dan kiri badan botol. Masukan dan pasangkan balingbaling plastik ke dalamnya.
Panduan Keselamatan Kerja dalam Kegiatan
Dengan berhati-hati, kamu dapat menjaga keselamatan diri dalam melakukan percobaan.
Berikut ini adalah petunjuk keselamatan kerja yang biasa kamu lakukan, yaitu:
1. Berhati-hatilah dalam penggunaan benda tajam.
2. Minta bantuan guru jika benda-benda yang digunakan membahayakan keselamatanmu.
3. Lakukan kegiatan sesuai instruksi guru.
4. Perhatikan setiap peringatan khusus yang terdapat pada setiap percobaan.
Laporkan hal sekecil apa pun yang membahayakan kepada guru.
Bawa kincir anginmu yang terbuat dari kertas ke luar kelas. Buatlah kincirmu berputar dengan cara membawanya berlari atau ditiup.
Bawa kincir airmu yang terbuat dari plastik ke luar kelas, tuangkan air ke bagian atas baling-baling.
Perhatikan apa yang terjadi!
Diskusikan persamaan dan perbedaan kedua kincir tersebut dengan temanmu.
a. Persamaan kedua kincir
Kedua Kincir dapat bergerak karena adanya energy kinetik
b. Perbedaan kedua kincir
Kincir air digerakan oleh air, kincir angina digerakan oleh angin
Amatilah proses kerja kincir. Tulis hasil pengamatanmu pada tabel berikut.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 25
Ayo Berdiskusi
Berdasarkan hasil percobaanmu, diskusikanlah pertanyaan berikut bersama teman kelompokmu.
1. Apa sumber energi kincir angin?
Angin
2. Bagaimana kincir angin bisa berputar?
Cara kerja kincir angin adalah pertama adalah hembusan angin yang mendorong daun atau sayap pada kincir angin tersebut, kemudian poros ikut berputar mengikuti arah hembusan angin
3. Apa manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari?
• Pembangkit listrik
• Kemanfaatan energi yang ramah lingkungan
• Membantu penyaluran air dalam irigasi
• Sebagai hiasan dan ornament
• Sebagai penggerak alat penumbuk padi atau jagung
• Kemanfaatan energi yang ramah lingkungan
• Membantu penyaluran air dalam irigasi
• Sebagai hiasan dan ornament
• Sebagai penggerak alat penumbuk padi atau jagung
Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Halaman 21, 23, 25 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam