–Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Wirausaha Subtema 3 Ayo Belajar Berwirausaha Pembelajaran 2 Halaman 132, 133, 135, 139, 140, 141. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, rajin lah belajar dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan jawaban sendiri.
Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.
Jawab pertanyaan berikut berdasarkan bacaan.
1. Apa jenis usaha yang dilakukan Man dan teman-temannya untuk mengisi waktu luang mereka?
2. Mengapa diperlukan kreativitas dan ketekunan dalam menjalankan usaha
tersebut? Jelaskan secara singkat!
3. Apa manfaat usaha anak-anak tersebut bagi kehidupan mereka?
4. Faktor-faktor apa yang mereka pertimbangkan saat melakukan usaha tersebut?
5. Sikap apa yang bisa kamu pelajari dari usaha anak-anak tersebut?
6. Bagaimana kamu menghargai hal yang dilakukan oleh setiap orang dalamcerita tersebut?
Perhatikan gambar-gambar kemasan berikut.
Apakah kamu pernah menemukan kemasan berbentuk tabung dan kerucut dalam kehidupan sehari-hari? Berikan contoh.
1. Sebuah kemasan cendera mata berbentuk tabung dengan tinggi 12 cm. Diameter alas tabung tersebut adalah 6 cm. Hitunglah volume tabung tersebut.
2. Sebuah kemasan makanan berbentuk kerucut. Tinggi kerucut tersebut adalah 15 cm. Jari-jari alas kerucut berukuran 3 cm. Hitunglah luas kerucut tersebut.
3. Perhatikan kemasan berikut. Kemasan tersebut terdiri atas bangun gabungan tabung dan kerucut. Hitunglah volumenya.
Volume tabung (Va)
Volume kerucut (Vb)
Volume total (Vt)
4. Buatlah soal tentang volume tabung dan kerucut. Tukarkan soal tersebut dengan salah seorang teman. Minta temanmu menyelesaikan soal tersebut.
Baca Juga : Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 5 Halaman 147, 149, 151, 156
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 132, 133, 135, 139, 140, 141 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari .
Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.
Tema 5 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 2
Ayo Membaca
Gelang Benang, Kreatif Mengisi Waktu Luang
Man, seorang anak laki-laki Suku Sasak dari Desa Sade, Lombok. Usianya hampir 12 tahun. Ia baru saja menyelesaikan ujian akhir tingkat SD di sekolahnya. Usai sekolah, Man dan beberapa teman seusianya secara kreatif mengisi waktu luang dengan berjualan aneka warna gelang benang buatan sendiri. Sejak dini, anak-anak Suku Sasak terbiasa menyaksikan kaum ibu memintal benang dan menenun kain. Sisa benang aneka warna mereka jalin dengan beragam kreasi untuk dijadikan gelang.
Desa Sade terletak di Lombok Tengah, tidak jauh dari Pantai Kuta. Melihat ramainya wisatawan pengunjung pantai, Man dan teman-teman melihat peluang usaha untuk mengisi waktu luang mereka. Menjelang sore hari, mereka menawarkan berbagai aneka gelang benang buatan mereka ke wisatawan pengunjung pantai. Dengan kreatif mereka membuat berbagai ragam jalinan untuk ditawarkan. Kadangkala, mereka sisipkan manikmanik kayu untuk mempercantik gelang. Menyadari bahwa harga gelang yang dijual tidak dapat terlalu tinggi, mereka mengganti benang hasil pintalan kapas dengan benang jahit yang mereka beli di pasar. Seuntai gelang mereka jual dengan harga Rp5.000,00 hingga Rp15.000,00. “Dalam sehari, biasanya aku bisa menjual lima sampai enam gelang. Rata-rata dalam sehari kami bisa membawa pulang uang Rp30.000,00,” ujar Man. Ketika ditanyakan untuk apa uang hasil jualan tersebut, “Untuk menambah uang jajan, dan membeli perlengkapan sekolah,” jawabnya sambil tersenyum lebar.
Walau tidak pernah diminta oleh kedua orang tuanya untuk membantu keuangan keluarga, Man selalu memberikan uang hasil jualannya kepada ibunya. Ketika sewaktu-waktu ingin membeli barang keperluan sekolah, ibunya akan memperbolehkan Man menggunakan uang tersebut.
Man tidak kehilangan waktu bermainnya karena berjualan. Ia berjualan sambil bermain air dan bercengkerama di pinggir pantai dengan temantemannya. Menjelang matahari terbenam, Man dan teman-temannya pulang untuk mengerjakan tugas sekolah dan beristirahat. Ketika tugas sekolah sudah selesai, Man membuat beberapa gelang untuk mengisi kembali persediaan untuk berjualan esok hari.
Man bangga ketika gelang hasil buatannya dipuji oleh wisatawan. Sederhana, namun unik dan kreatif, begitu komentar para wisatawan terhadap gelang benang buatan Man dan teman-temannya. Kreativitas Man dalam memanfaatkan waktu luang memberinya pembelajaran hidup yang tak ternilai.
[Santi-ditulis berdasarkan wawancara pada bulan Juli 2014]
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 132, 133
Jawab pertanyaan berikut berdasarkan bacaan.
1. Apa jenis usaha yang dilakukan Man dan teman-temannya untuk mengisi waktu luang mereka?
Manmengisi waktu luang dengan berjualan gelang benang beraneka warna buatan sendiri.
2. Mengapa diperlukan kreativitas dan ketekunan dalam menjalankan usaha
tersebut? Jelaskan secara singkat!
Karena tidak mudah memanfaatkan barang sisa jika tidak memiliki kreativitas. Ketekunan juga diperlukan agar usaha tersebut bisa terus berjalan dan berkembang.
3. Apa manfaat usaha anak-anak tersebut bagi kehidupan mereka?
Untuk menambah uang jajan, dan membeli perlengkapan sekolah
4. Faktor-faktor apa yang mereka pertimbangkan saat melakukan usaha tersebut?
Faktor ketersediaan bahan baku dan peluang pemasaran karena di daerah Man kaum ibu memintal benang dan menenun kain. Sisa benang aneka warna mereka jalin dengan beragam kreasi untuk dijadikan gelang. Melihat ramainya wisatawan pengunjung pantai, Man dan teman-teman melihat peluang usaha untuk mengisi waktu luang mereka.
5. Sikap apa yang bisa kamu pelajari dari usaha anak-anak tersebut?
Sikap yang Memanfaatkan waktu dengan baik, kerja keras, dan pantang menyerah. Kreatif, tekun, dan pandai memanfaatkan peluang.
6. Bagaimana kamu menghargai hal yang dilakukan oleh setiap orang dalamcerita tersebut?
Walaupun masih anak-anak, mereka sudah bisa mencari uang dengan kreativitas dan ketekunan yang mereka miliki. Selain itu, mereka bisa mengatur waktu antara usaha dan aktivitas lainnya. Hal ini dapat menjadi contoh bagi siapapun.
Ayo Mengamati
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 135
Apakah kamu pernah menemukan kemasan berbentuk tabung dan kerucut dalam kehidupan sehari-hari? Berikan contoh.
Pernah. Contoh yang berbentuk tabung yaitu kaleng susu, kaleng sarden, botol minuman dan panci. Contoh yang berbentuk kerucut yaitu kemasan es krim dan kemasan kacang rebus.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 139, 140, 141
Ayo Berlatih
V = luas alas x tinggi
V = π x r2 x t
V = 3,14 x 32 x 12
V = 3,14 x 9 x 12
V = 339,12 cm3
Jadi, volume tabung tersebut adalah 339,12 cm3.
2. Sebuah kemasan makanan berbentuk kerucut. Tinggi kerucut tersebut adalah 15 cm. Jari-jari alas kerucut berukuran 3 cm. Hitunglah luas kerucut tersebut.
L = luas alas + luas selimut
L = (π x r2) + (π x r x s)
L = (3,14 x 32) + (3,14 x 3 x 18,28)
L = (3,14 x 9) + (172,2)
L = 28,26
L = 200,46 cm2
Jadi, luas kerucut tersebut adalah 200,46 cm2.
3. Perhatikan kemasan berikut. Kemasan tersebut terdiri atas bangun gabungan tabung dan kerucut. Hitunglah volumenya.
Volume tabung (Va)
Va = π x r2 x t
Va = 22/7 x 72 x 12
Va = 22/7 x 49 x 12
Va = 1.848 cm3
Volume kerucut (Vb)
Vb = π x r2 x t x 1/3
Vb = 22/7 x 72 x (18-12) x 1/3
Vb = 22/7 x 49 x 6 x 1/3
Vb = 308 cm3
Volume total (Vt)
Vt = Va + Vb
Vt = 1.848 + 308
Vt = 2.156 cm3
Jadi, volume bangun gabungan tersebut adalah 2.156 cm3.
4. Buatlah soal tentang volume tabung dan kerucut. Tukarkan soal tersebut dengan salah seorang teman. Minta temanmu menyelesaikan soal tersebut.
Deni meletakkan topi ulang tahunnya di atas kaleng susu. Kaleng susu tersebut memiliki diameter 21 cm dan tinggi 20 cm. Sedangkan topi ulang tahun memiliki diameter 14 cm dengan tinggi 25 cm. Hitunglah jumlah kedua volume tersebut.
Baca Juga : Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 5 Halaman 147, 149, 151, 156
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 132, 133, 135, 139, 140, 141 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari .