– Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan, Halaman 126, 127, 128
Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 tema 3 ini merupakan jawaban dari soal-soal yang terdapat pada Buku Tematik Terpadu. Dengan adanya Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 6 ini dapat membantu para rekan-rekan guru yang mengajar dan para siswa dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing, dan dapat di akses pada daftar isi di bawah. Artikel ini merupakan kelanjutan pembahasan materi sebelumnya. buku yang digunakan bersumber dari Buku Siswa Kelas 4 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kurikulum 2013 SD/MI semester 1 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.
Tema 3 Kelas 4 SD Subtema 3 Pembelajaran 6
Kunci Jawaban Tematik Halaman 126
Ayo Berdiskusi
Apakah kamu masih ingat cara bermain kasti? Hari ini kamu dan temantemanmu akan mempraktikkan kembali permainan kasti. Semakin sering berlatih, tentunya akan membuat kamu semakin terampil dalam bermain.
Sebelum bermain, diskusikan kembali secara berpasangan bagaimana cara memainkan permainan tersebut.
Diskusikan strategi yang akan kamu terapkan agar dapat melakukan permainan dengan baik secara berkelompok dan memenangkan pertandingan.
Tuliskan hasil diskusimu pada kolom berikut.
Agar permainan kasti dapat berjalan dengan baik, ada beberapa peraturan permainan yang perlu dipahami. Beberapa peraturan permainan dalam kasti adalah sebagai berikut.
- Jumlah pemain kasti tiap regu adalah 12 orang, dengan salah satu pemain bertindak sebagai kapten. Setiap pemain wajib mengenakan nomor dada dari 1 sampai 12. Ditambah pemain pengganti atau cadangan sebanyak 6 orang.
- Waktu permainan dilakukan dalam 2 babak. Tiap-tiap babak 20 – 30 menit. Diantara tiap babak diberikan istirahat 15 menit.
- Pertandingan kasti dipimpin oleh seorang wasit dibantu 3 orang penjaga garis dan 1 orang pencatat waktu.
- Regu Pemukul setiap pemain berhak memukul satu kali, kecuali pemain terakhir berhak memukul sampai 3 kali. Sesudah memukul, alat pemukul harus diletakkan di dalam ruang pemukul. Apabila alat pemukul diletakkan di luar, maka pemain tersebut tidak mendapatkan nilai, kecuali jika ia segera meletakkannya di dalam ruang pemukul. Pukulan dinyatakan benar apabila bola yang dipukul melampaui garis pukul, tidak jatuh di ruang bebas, dan tidak mengenai tangan pemukul.
- Regu penjaga bertugas mematikan lawan dengan cara melemparkan bola ke pemukul atau menangkap langsung bola yang dipukul melambung oleh regu pemukul. Membakar ruang bebas dengan cara menempati ruang bebas jika kosong.
- Pelambung bertugas melambungkan bola sesuai permintaan pemukul Jika bola yang dilambungkan oleh pelambung tidak sesuai dengan permintaan pemukul, maka pemukul boleh untuk tidak memukulnya. Jika ini terjadi sampai 3 kali berturut-turut maka pemukul dapat berlari bebas ke tiang pemberhentian pertama.
- Pergantian tempat antara regu pemukul dan regu penjaga terjadi apabila: Salah seorang regu pemukul terkena lemparan bola. Bola pukulan regu pemukul ditangkap langsung oleh regu penjaga sebanyak 3 kali berturut-turut, dan Alat pemukul lepas ketika memukul.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 127
Setelah selesai bermain kasti, diskusikan bagaimana kamu melaksanakan permainan hari ini dengan menjawab pertanyaan berikut.
Apa yang sudah kamu lakukan dengan baik?
Jawaban di sesuaikan dengan siswa yang sudah melaksankan permainan kasti.
Apa yang masih belum dapat kamu lakukan dengan baik?
Jawaban di sesuaikan dengan siswa yang sudah melaksankan permainan kasti.
Apa rencanamu agar lebih terampil dalam bermain kasti?
1.Berlatih dengan sunggguh sungguh
2.Mengulangi kembali cara cara yang sudah di pelajarai di sekolah
3.Ikut kegiatan extra agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 128
Sebelumnya kamu telah menulis laporan tentang hasil wawancara yang telah kamu lakukan.
Sekarang kamu akan mempresentasikan laporan yang telah kamu tulis dalam kelompok.
Sebelum kamu melakukan presentasi, diskusikan dengan temanmu apa saja yang harus dipenuhi agar presentasi berhasil dengan baik.
Tuliskan hasil diskusimu pada kolom berikut.
Laporan Hasil Wawancara
I. Latar Belakang
Kami siswa kelas 4 mendapat tugas untuk melakukan wawancara tentang sikap mencintai lingkungan kepada masyarakat di sekitar tempat tinggal kami.
II. Maksud dan Tujuan
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menggali informasi lebih lanjut dan memperdalam pemahaman kami tentang berbagai sikap warga di sekitar tempat tinggal kami dalam mencintai lingkungan.
III. Topik Wawancara
Mencintai Lingkungan Sekitar
IV. Waktu dan Tempat Kegiatan
Wawancara ini dilaksanakan pada:
Hari / Tanggal : Senin, 2 September 2020
Waktu : pukul 08.00 – 09.00
Tempat : Kampung Suka Makmur
V. Laporan Hasil Wawancara
Narasumber : Bapak Rudianto
Pewawancara: Agus Raharjo
Hasil Wawancara :
Pada hari Senin, 2 September 2019, pukul 08.00 – 09.00, saya melakukan wawancara kepada Bapak Rudianto tentang sikap warga mencintai lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.
Beliau menjelaskan bahwa warga Kampung Suka makmur sebagian besar sudah melaksanakan sikap mencintai lingkungan sekitranya. Hal ini dapat dicermati dari kegiatan warga yang membuang sampah pada tempatnya, melakukan kerja bhakti membersihkan lingkungan, membuat bak penampung sampah, menanam pohon di sekitar rumah, dan memisahkan sampah organik dan anorganik. Namun masih ada sebagaian warga yang masih belum sadar akan pentingnya cinta lingkungan.
VI. Kesimpulan
Mencintai lingkungan adalah kewajiban seluruh warga masyarakat Kampung Suka Makmur. Dengan menjaga lingkungan kita akan memberikan hak orang lain untuk hidup nyaman. Selain itu kita juga telah melaksanakan kewajiban kita terhadap lingkungan.
Kamu telah membuat diagram frayer tentang mencintai lingkungan pada pertemuan sebelumnya. Ayo, ceritakan isi diagram tersebut! Sebelumnya kamu telah menuliskan pada diagram frayer tentang mencintai lingkungan. Pada diagram tersebut kamu menuliskan: Contoh sikap mencintai lingkungan., Bukan contoh sikap mencintai lingkungan. Ciri-ciri perilaku yang mencintai lingkungan, dan Kesimpulan.
Presentasikan laporan yang telah kamu tulis setelah mendiskusikan dengan guru apa saja yang perlu diperhatikan ketika melakukan presentasi.
Sebelumnya kamu telah menuliskan pada diagram frayer tentang mencintai lingkungan.
Pada diagram tersebut kamu menuliskan:
Contoh sikap mencintai lingkungan.
Bukan contoh sikap mencintai lingkungan.
Ciri-ciri perilaku yang mencintai lingkungan.
Kesimpulan.
Ceritakan diagram frayer tersebut dalam kelompok. Kamu dan teman dalam satu kelompok dapat menanyakan berbagai pertanyaan kepada teman yang bercerita untuk menjawab rasa ingin tahumu.
Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Halaman 126, 127, 128 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam