Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8 - Kunci jawaban buku siswa tematik Tema 5 Pahlawanku subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan kegiatan pembelajaran 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Semester 1 ini kakak buat khusus untuk siswa kelas 4 yang saat ini sedang mengerjakan tugas-tugas sekolah.
Semoga Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 ini dapat membantu siswa/peserta didik dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing yang dapat siswa akses pada daftar isi di bawah. Pada artikel ini merupakan kelanjutan pembahasan materi Subtema 1 Jenis-jenis Pekerjaan dan Subtema 2 Pekerjaan disekitarku dan Subtema 3 Pekerjaan Orangtuaku. Buku yang kakak gunakan bersumber dari buku siswa kelas 4 tema 5 Pahlawanku Kurikulum 2013 SD/MI semester 1 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.
Sebelumnya kakak juga sudah berbagi untuk kunci jawaban tema 4 kelas 4 yaitu Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 132, 133, 135. Semoga Jawaban dari Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 yang kakak berikan dapat bermanfaat untuk Siswa SD/MI dalam melakukan tugas pembelajaran di sekolah, dan juga bisa menjadi referensi bagi tenaga pendidik yang membutuhkan.
Baca Juga :
1. Apa yang mereka lakukan?
Mereka sedang menjenguk teman. Memelihara dan mengamati alam dan lingkungan sekitar Membantu teman membereskan tasnya.
2. Bagaimana pendapatmu mengenai hal itu?
3. Hal baik apa yang bisa kamu contoh?
Raja Purnawarman, Panji Segala Raja
Raja Purnawarman mulai memerintah Kerajaan Tarumanegara pada tahun 395 M. Pada masa pemerintahannya, ia selalu berjuang untuk rakyatnya. Ia membangun saluran air dan memberantas perompak.
Raja Purnawarman sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Ia memperbaiki aliran Sungai Gangga di daerah Cirebon. Dua tahun kemudian, ia juga memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke seluruh kerajaan. Para petani senang karena ladang mereka mendapat air dari aliran sungai sehingga menjadi subur. Ladang para petani tidak kekeringan pada musim kemarau.
Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk memerangi bajak laut yang merajalela di perairan Barat dan Utara kerajaan. Setelah Raja Purnawarman berhasil membasmi semua perompak, keadaan menjadi aman. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera.
Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciaruteun.
1. Tuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman!
Perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman adalah dia membuat saluran air yang dihubungkan dari sungai Citarum, Jawa barat Beliau selalu berjuang untuk rakyatnya Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk memerangi bajak laut.
2. Tuliskan sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman!
3. Apa yang dirasakan rakyat Kerajaan Tarumanegara atas perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman?
4. Menurutmu, bagaimana kehidupan rakyat Kerajaan Tarumanegara jika Rajanya tidak memiliki sikap kepahlawanan?
5. Ceritakan kembali secara tertulis isi teks berdasarkan jawaban- jawabanmu. Tulisanmu harus memperhatikan peristiwa yang ada, runtut,dan menggunakan ejaan yang benar.
Tuliskan pertanyaanmu di bawah ini!
Tuliskan nilai-nilai perjuangan dan peninggalan lainnya dari para raja yang memengaruhi masyarakat atau daerah di tempat kamu tinggal. Tulisanmu bisa memuat semangat perjuangan, nilai pendidikan, ajaran positif, maupun benda- benda bersejarah.
Kesimpulan :
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8 yang kakak share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik. Salam Pintar dari
Semoga Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 ini dapat membantu siswa/peserta didik dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing yang dapat siswa akses pada daftar isi di bawah. Pada artikel ini merupakan kelanjutan pembahasan materi Subtema 1 Jenis-jenis Pekerjaan dan Subtema 2 Pekerjaan disekitarku dan Subtema 3 Pekerjaan Orangtuaku. Buku yang kakak gunakan bersumber dari buku siswa kelas 4 tema 5 Pahlawanku Kurikulum 2013 SD/MI semester 1 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.
Sebelumnya kakak juga sudah berbagi untuk kunci jawaban tema 4 kelas 4 yaitu Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 132, 133, 135. Semoga Jawaban dari Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 yang kakak berikan dapat bermanfaat untuk Siswa SD/MI dalam melakukan tugas pembelajaran di sekolah, dan juga bisa menjadi referensi bagi tenaga pendidik yang membutuhkan.
Baca Juga :
- Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 10, 11, 12, 13, 17
- Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Berbagai Pekerjaan Lengkap
- Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 Cita-citaku
- Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 Lengkap
Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 1
Ayo Berdiskusi
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 1
Amati gambar berikut.1. Apa yang mereka lakukan?
2. Bagaimana pendapatmu mengenai hal itu?
Perlakuan mereka sangat baik dan patut ditiru sebagai anak bangsa yang harus belajar berbuat kebaikan sejak dini sehingga menjadi terbiasa jika sudah dewasa nanti.
3. Hal baik apa yang bisa kamu contoh?
Menjenguk teman yang sakit agar cepat sembuh dan tak sedih atau kesepian, memelihara dan mengamati lingkungan agar menambah keasrian dan pengetahuan kita, membantu teman yang kesusahan agar senang kembali.
Ayo Membaca
Sikap kepahlawanan juga tercermin dari perbuatan beberapa raja di masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. Mari kita pelajari lebih lanjut!Raja Purnawarman, Panji Segala Raja
Raja Purnawarman mulai memerintah Kerajaan Tarumanegara pada tahun 395 M. Pada masa pemerintahannya, ia selalu berjuang untuk rakyatnya. Ia membangun saluran air dan memberantas perompak.
Raja Purnawarman sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Ia memperbaiki aliran Sungai Gangga di daerah Cirebon. Dua tahun kemudian, ia juga memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke seluruh kerajaan. Para petani senang karena ladang mereka mendapat air dari aliran sungai sehingga menjadi subur. Ladang para petani tidak kekeringan pada musim kemarau.
Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk memerangi bajak laut yang merajalela di perairan Barat dan Utara kerajaan. Setelah Raja Purnawarman berhasil membasmi semua perompak, keadaan menjadi aman. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera.
Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciaruteun.
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 3, 4
Setelah membaca teks tersebut, jawab pertanyaan berikut!1. Tuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman!
2. Tuliskan sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman!
Sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman adalah berani dan pantang menyerah memberantas kejahatan untuk keamanan dan kesejahteraan rakyatnya.
3. Apa yang dirasakan rakyat Kerajaan Tarumanegara atas perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman?
Dampak perjuangan yang dilakukan oleh Purnawarman bagi rakyat Tarumanegara adalah karena ladang milik mereka mendapatkan air dari aliran sungai sehingga menjadi subur dan tidak menderita kekeringan pada musim kemarau, keadaan menjadi aman karena para perompak telah dikalahkan. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera.
4. Menurutmu, bagaimana kehidupan rakyat Kerajaan Tarumanegara jika Rajanya tidak memiliki sikap kepahlawanan?
Jika Kerajaan Tarumanegara tidak dipimpin oleh Raja Purnawarman, kehidupan rakyatnya tidak akan aman dan sejahtera karena tidak ada yang memperbaiki saluran air dan memberantas perompak. Tetapi, mungkin saja akan ada tokoh lain yang melakukan hal tersebut.
5. Ceritakan kembali secara tertulis isi teks berdasarkan jawaban- jawabanmu. Tulisanmu harus memperhatikan peristiwa yang ada, runtut,dan menggunakan ejaan yang benar.
Raja Purnawarman adalah raja Kerajaan Tarumanegara yang hidup di masa kerajaan Hindu. Karena Raja Purnawarman, rakyat Kerajaan Tarumanegara hidup aman dan sejahtera. Raja Purnawarman adalah raja yang berani melawan kejahatan, pantang menyerah, dan cinta rakyatnya karena telah berjuang dengan gigih membela rakyatnya. Beliau memimpin armada laut untuk menupas perompak yang merajalela. Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciareteun.
Ayo Mengamati
Berikut adalah beberapa tokoh dan peninggalan kerajaan pada masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. Peninggalan yang mereka wariskan bukan saja benda bersejarah, tetapi juga pemikiran dan nilai-nilai perjuangan yang telah menginspirasi bangsa Indonesia.Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 5
Amati gambar di atas! Apa yang ingin kamu ketahui tentang perjuangan mereka?Tuliskan pertanyaanmu di bawah ini!
1.) Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?
Membangun armada laut yang kuat.
Pada masa pemerintahan Balaputra Dewa, Sriwijaya mengalami masa kejayaannya.
Raja Balaputra Dewa dengan bantuan Raja Dewapaladewa di Pali telah mendirikan Vihara di Nalanda (India) bagi pelajar-pelajar Nusantara yang belajar agama Budha di Nalanda. Perkembangan pelayaran dan perdagangan di Selat Malaka semakin pesat. Sikap yang dimiliki nya berani, tegas dalam memimpiin
Membangun armada laut yang kuat.
Pada masa pemerintahan Balaputra Dewa, Sriwijaya mengalami masa kejayaannya.
Raja Balaputra Dewa dengan bantuan Raja Dewapaladewa di Pali telah mendirikan Vihara di Nalanda (India) bagi pelajar-pelajar Nusantara yang belajar agama Budha di Nalanda. Perkembangan pelayaran dan perdagangan di Selat Malaka semakin pesat. Sikap yang dimiliki nya berani, tegas dalam memimpiin
2.) Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Sultan Iskandar Muda?
Memperluas wilayah aceh sampai ke semenanjung malaysia.
Aceh mengalami masa kejayaaan karena menjadi pusat perdagangan & pengembangan ajaran islam. Gigih, pemberani, rela berkorban.
Memperluas wilayah aceh sampai ke semenanjung malaysia.
Aceh mengalami masa kejayaaan karena menjadi pusat perdagangan & pengembangan ajaran islam. Gigih, pemberani, rela berkorban.
3.) Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Sultan Hasanudin ?
a. Sultan Hasanuddin sangat gagah berani dalam melawan VOC.
b. Beliau berani mengorbankan seluruh hidup, kesenangan, serta kemewahannya untuk
c. Membela kehormatan bangsa dan negaranya.
d. Beliau membela kehormatan negara dan mempertahankan setiap jengkal tanah airnya dengan tetesan darah.
e. Gigih, pemberani, rela berkorban
a. Sultan Hasanuddin sangat gagah berani dalam melawan VOC.
b. Beliau berani mengorbankan seluruh hidup, kesenangan, serta kemewahannya untuk
c. Membela kehormatan bangsa dan negaranya.
d. Beliau membela kehormatan negara dan mempertahankan setiap jengkal tanah airnya dengan tetesan darah.
e. Gigih, pemberani, rela berkorban
4.)Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Gajah Mada dan Hayam Wuruk ?
1. Gajah Mada dan Hayam Wuruk telah berhasil mempersatukan nusantara.
2. Gajah Mada dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya, baik tatkala masih menjadi prajurit, patih, hingga panglima perang.
3. Tatkala kerajaan Majapahit diserang oleh Ra Kuti Gajah Mada menyelematkan raja Jayanagara beserta keluarganya.
1. Gajah Mada dan Hayam Wuruk telah berhasil mempersatukan nusantara.
2. Gajah Mada dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya, baik tatkala masih menjadi prajurit, patih, hingga panglima perang.
3. Tatkala kerajaan Majapahit diserang oleh Ra Kuti Gajah Mada menyelematkan raja Jayanagara beserta keluarganya.
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 6
Cari informasi tentang perjuangan, benda bersejarah, dan nilai-nilai kepahlawanan yang telah mereka wariskan kepada Bangsa Indonesia. Kamu bisa mendiskusikannya dengan teman kelompokmu, membaca buku, atau bertanya kepada gurumu.Tuliskan nilai-nilai perjuangan dan peninggalan lainnya dari para raja yang memengaruhi masyarakat atau daerah di tempat kamu tinggal. Tulisanmu bisa memuat semangat perjuangan, nilai pendidikan, ajaran positif, maupun benda- benda bersejarah.
A. Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?
Membangun armada laut yang kuat
Pada masa pemerintahan Balaputra Dewa, Sriwijaya mengalami masa kejayaannya.
Raja Balaputra Dewa dengan bantuan Raja Dewapaladewa di Pali telah mendirikan Vihara di Nalanda (India) bagi pelajar-pelajar Nusantara yang belajar agama Budha di Nalanda
Perkembangan pelayaran dan perdagangan di Selat Malaka semakin pesat. Sikap yang dimiliki nya berani, tegas dalam memimpiin.
Membangun armada laut yang kuat
Pada masa pemerintahan Balaputra Dewa, Sriwijaya mengalami masa kejayaannya.
Raja Balaputra Dewa dengan bantuan Raja Dewapaladewa di Pali telah mendirikan Vihara di Nalanda (India) bagi pelajar-pelajar Nusantara yang belajar agama Budha di Nalanda
Perkembangan pelayaran dan perdagangan di Selat Malaka semakin pesat. Sikap yang dimiliki nya berani, tegas dalam memimpiin.
B. Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Sultan Hasanudin ?
Sultan Hasanuddin sangat gagah berani dalam melawan VOC. Beliau berani mengorbankan seluruh hidup, kesenangan, serta kemewahannya untuk membela kehormatan bangsa dan negaranya.
Beliau membela kehormatan negara dan mempertahankan setiap jengkal tanah airnya dengan tetesan darah.
Sultan Hasanuddin sangat gagah berani dalam melawan VOC. Beliau berani mengorbankan seluruh hidup, kesenangan, serta kemewahannya untuk membela kehormatan bangsa dan negaranya.
Beliau membela kehormatan negara dan mempertahankan setiap jengkal tanah airnya dengan tetesan darah.
C. Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Gajah Mada dan Hayam Wuruk ?
Gajah Mada dan Hayam Wuruk telah berhasil mempersatukan nusantara.
Gajah Mada dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya, baik tatkala masih menjadi prajurit, patih, hingga panglima perang.
Takala kerajaan Majapahit diserang oleh Ra Kuti Gajah Mada menyelematkan raja Jayanagara beserta keluarganya.
Gajah Mada dan Hayam Wuruk telah berhasil mempersatukan nusantara.
Gajah Mada dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya, baik tatkala masih menjadi prajurit, patih, hingga panglima perang.
Takala kerajaan Majapahit diserang oleh Ra Kuti Gajah Mada menyelematkan raja Jayanagara beserta keluarganya.
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 8
Laporan Kegiatan Percobaan Sifat-Sifat Cahaya
Percobaan 1 | Percobaan 2 | Percobaan 3 | Percobaan 4 | |
Nama percobaan | Percobaan Cahaya Merambat Lurus | Percobaan Cahaya Menembus Benda Bening | Percobaan Cahaya Dapat Dipantulkan | Percobaan Cahaya Dapat Dibiaskan |
Tujuan Percobaan | Mengetahui cahaya dapat merambat Lurus | Mengetahui Cahaya dapat menembus benda bening | Mengetahui cahaya dapat dipantulkan | Mengetahui cahaya dapaty dibiaskan |
Alat dan Bahan | Tiga buah karton Sebuah lilin Korek api Isolasi | Cermin datar Lampu senter | Cermin datar Lampu senter | Sebuah gelas berisi air Sebuah pensil |
Langkah Kerja | Lubangi bagian tengah ketiga karton tersebut. Letakkan dengan posisi tiga lubang tersebut sejajar dengan cahaya lilin tepat di belakang lubang. Lalu coba menggeser posisi setiap lubang menjadi tidak sejajar. | Percobaan menggunakan cahaya matahari/ cahaya senter, gelas/benda-benda transparan/bening, benda-benda berwarna gelap, dan benda-benda bening, tetapi berwarna. Letakkan peralatan seperti pada gambar. Arahkan cahaya ke tembok berwarna putih. | Pantulkan cahaya senter menggunakan cermin. Coba berbagai posisi cermin yang berbeda dan gunakan lebih banyak cermin. | Pensil setengah bagian panjanganya berada di dalam gelas berisi air. Amati pensil dari sisi samping luar gelas |
Hasil Pengamatan | Cahaya lilin/ senter dari depan rangkaian kardus yang sudah diberi lobang sejajar cahaya dapat merambat lurus | Cahaya senter yang melewati benda bening dapat terlihat sedangkan sebaliknya pada benda tidak bening seperti kardus cahaya tidak bisa menembus | Cahaya senter yang diarahkan kecermin datar dapat memantul. | Pensil yang dimasukan ke dalam air akan kelihatan bengkok |
Kesimpulan :
Berdasarkan hasil pengamatan bahwa sifat-sifat cahaya diantaranya yaitu cahaya dapat merambat lurus, menembus benda bening, dapat dibiaskan. dan dapat memantul.
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8 yang kakak share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik. Salam Pintar dari