Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli| Dalam pengertian ideologi menurut definisi para ahli terdiri atas tokoh-tokoh atau ahli dalam pengertian ideologi. Ideologi memiliki jenis-jenis atau macam-macam ideologi dari berbagai negara menganut ideologi yang berbeda tetapi adapula yang sama dan tujuan dan ciri-ciri ideologi tersebut. Istilah ideologi berasal dari bahasa Yunani yaitu kata idea yang yang sehingga dapat disimpulkan bahwa ideologi adalah gagasan, konsep, pengertian, dasar, dan cita-cita dan kata logos yang berarti ilmu. Jadi secara harfiah pengertian ideologi adalah ilmu tentang pengertian dasar atau idea, cita-cita, pandangan, atau paham yang bersifat tetap yang harus dicapai. Dalam pengertian ideologi ada pula pendapat-pendapat para tokoh tentang ideologi, pendapat-pendapat tokoh tersebut sangat memperjelas tentang apa itu Ideologi ?. mengapa saya melontarkan pertanyaan tersebut karna jika sudah melihat pengertian ideologi menurut pendapat-pendapat para ahli, diharapkan atau sudah dipastikan kita telah dapat mengerti tentang ideologi, Untuk mengetahui Pengertian Ideologi Menurut pendapat-pendapat para ahli, dapat dilihat dibawah ini.

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli 
Pendapat-pendapat menurut para ahli tentang pengertian ideologi seperti dibawah ini..
a. Nicollo Machiavelli, ideologi hakikatnya adalah pengetahuan mengenai cara menyembunyikan kepentingan, mendapatkan, serta mempertahankan kekuasaan dengan memanfaatkan konsepsi-konsepsi keagamaan dan tipu daya
b. Antonine Destut de Tracy, Ideologi adalah Ilmu mengenai gagasan atau ilmu tentang ide-ide. Ide yang sehat adalah yang sesuai dengan realita dan sejalan dengan akal budi bukan khayalan atau gagasan palsu. 
c. Karl Max, Ideologi adalah kesadaran palsu, sebab ideologi merupakan hasil pemikiran tertentu yang diciptakan oleh para pemikir sesuai kepentingannya. 
d. Louis Althusser, Ideologi adalah pedoman hidup, sebab setiap orang membutuhkan pedoman hidup, baik sebagai individu maupun sebagai warga masyarakat. 
e. A.S, Hornby, ideologi adalah seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonoi dan politik yang dipegang oleh seseorang atau kelompok orang. 
f. Gunawan Setiardja, Ideologi adalah seperangkat ide asasi tentang manusia dan seluruh realitas yang dijadikan pedoman dan cita-cita hidup. 
g. Laboratorium IKIP Malang, Ideologi adalah kumpulan nilai, ide, dan cita-cita serta pedoman dan metode dalam melaksanakan atau mewujudkannya. 
h. Dr.Alfian, ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara sebaiknya, yaitu secara moral dianggap benar dan adil mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan. 
i. Encyclopedia International, Ideologi adalah sistem gagasan dan keyakinan serta sikap yang didasari oleh cara hidup dalam  kelompok, kelas dan masyarakat tertentu. 

Itulah pengertian ideologi menurut para ahli dimana kita sudah dapat mengambil kesimpulan tentang pengertian ideologi menurut pendapat menurut anda sendiri, yang terpenting makna  dari ideologi itu sama sehingga dalam mengartikan kita tidak melenceng jauh dari makna ideologi. Ideologi Negara Indonesia yakni pancasila, jika membubarkan atau menghapuskan pancasila berarti kita sudah membubarkan negara kesatuan republik indonesi yang diproklamirkan tanggal 17 agustus 1945, itu pasti tidak kita inginkan. dan negara lainnya pula. Oleh karna itu ideologi sangat penting bagi masyarakat yang ada dinegara tersebut. 
Sekian artikel tentang Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli semoga bermanfaat