Kebudayaan Suku Sawu- Budaya Lokal Indonesia

Perlu diketahui bahwa negara Indonesia merupakan negara yang memiliki pluralitas tinggi. Keberagaman suku, bahasa, agama, ras, maupun golongan justru dapat menunjukkan ciri khas bangsa Indonesia. Potensi budaya yang besar tersebut merupakan sumber kekayaan budaya nasional.
Bangsa Indonesia terkenal dengan masyarakat yang mempunyai kebudayaan yang beraneka ragam. Pada setiap masyarakat daerah mengembangkan kebudayaan masing-masing. Kebudayaan yang dikembangkan di daerah-daerah dinamakan kebudayaan lokal. Berikut ini adalah salah satu kebudayaan lokal yang berkembang di Indonesia yakni ‘’Kebudayaan Suku Sawu.
 Perlu diketahui bahwa negara Indonesia merupakan negara yang memiliki pluralitas tinggi Kebudayaan Suku Sawu- Budaya Lokal Indonesia
Kebudayaan Suku Sawu
a. Sistem Kepercayaan/Religi
Kebudayaan Sawu berkembang di Pulau Sawu, Nusa Tenggara Timur. Bangsa yang mendiami adalah suku bangsa Sawu Median. Agama Kristen sudah masuk di Pulau Sawu, namun penduduknya masih banyak yang memeluk agama asli.
Upacara-upacara kepercayaan asli, antara lain;
1) Upacara Doe Mone Ae (Dewa Besar) terdiri atas 3 Dewa, yakni;
  • Pulodo Wadu; roh yang mengatur musim kemarau,
  • Deo Rai; roh yang mengatur musim hujan,
  • Deo Heleo; roh yang mengawasi hidup manusia.
2) Upacara dilakukan, agar terhindar dari penyakit.
3) Upacara kematian dipimpin oleh Ratu More Pitu.

b. Sistem Kekerabatan
Sistem kekerabatan masyarakat Sawu adalah patrilineal. Perkawinan yang ideal adalah una mohamode, yakni laki-laki menikah dengan anak perempuan saudara laki-laki ibu.

c. Sistem Politik
Masyarakat Sawu menyebut daerahnya Rai Hawu yang berasal dari nama tokoh Hawu Ga. Pemerintahan Hawu dibagi 4 yakni; Haba, Dimu, Mahara, & Liae.

d. Sistem Ekonomi
Sebagian besar mata pencaharian utama masyarakat Sawu adalah bertanam di sawah / di ladang & peternakan yang diusahakan adalah kuda & kerbau.

e. Sistem Kesenian
Bentuk bangunan suku bangsa Sawu adalah panggung yang berderet di sepanjang sisi sebuah lapangan yang terletak di perkampungan, yang terkenal adalah padao & ledo han.

Demikianlah ulasan mengenai Kebudayaan Suku Sawu, yang ada di Indonesia. Semoga ulasan tersebut dapat menambah wawasan anda para pengunjung maupun pembaca & untuk kurang/lebihnya mohon maaf. Cukup sekian & sampai jumpa!!!
*Rajinlah belajar, demi Bangsa dan Negara!!! Semoga anda sukses!!!