Cara Mudah Mengakali Status Sedang Mengetik di WhatsApp

Seperti diketahui aplikasi WhatsApp di ponsel menghadirkan fitur dimana pengguna bisa tahu jika ada teman chat atau anggota grup yang sedang mengetik. Sebuah fitur yang cukup menarik tetapi bisa saja menjadi masalah jika Anda ternyata tak jadi meneruskan menulis pesan tersebut. Anggota grup lain atau teman mengobrol boleh jadi akan penasaran terkait isi pesan yang tak jadi diketikkan tersebut. Status sedang mengetik pun akan menyebabkan teman ngobrol menanti-nanti.

Bukan hanya Anda, tetapi banyak pengguna pun ingin menyembunyikan status pengetikan di WhatsApp karena alasan tertentu. Status pengetikan WhatsApp muncul ketika seseorang mengetik pesan di grup WhatsApp atau pesan pribadi. Saat Anda mengetik pesan ke teman maka status online Anda akan berubah menjadi "sedang mengetik". Status sedang mengetik mungkin bisa menggambarkan apakah seseorang benar-benar aktif di grup dibanding hanya menempatkan status online.

Seseorang memang memiliki status online tetapi bisa saja ia tidak aktif. Katakanlah membiarkan WhatsApp Web terbuka di komputer akan menggambarkan status selalu online tetapi nyatanya tidak aktif. Sementara status mengetik akan memberi tahu pengguna lain apakah orang tersebut benar-benar aktif di WhatsApp. Fitur hebat lain WhatsApp adalah centang biru yang juga memberitahu Anda jika seseorang telah membaca pesan Anda. Namun fitur ini dapat dimatikan dari pengaturan WhatsApp sementara status pengetikan tidak tersedia fitur untuk mematikannya di aplikasi WhatsApp.

Bagaimana Anda dapat menyembunyikan status pengetikan di WhatsApp? Anda bisa mencoba dua trik ampuh menyembunyikan status sedang mengetik di WhatsApp di bawah ini :

1. Menyembunyikan status pengetikan di WhatsApp : Trik 1

Sebelum masuk dan mengetikkan pesan di WhatsApp, pastikan Anda mematikan konektivitas internet (Data Seluler atau Wi-Fi) atau cukup beralih ke Mode Pesawat. Baru kemudian masuk ke aplikasi WhatsApp, ketikkan pesannya. Berikutnya kirim pesan yang telah Anda ketikkan tersebut. Karena tak ada koneksi internet maka simbol jam kecil akan muncul dimana WhatsApp telah menandai pesan Anda. Nyalakan kembali konektivitas internet atau nonaktifkan Mode Pesawat untuk membiarkan pesan yang sudah diketikkan tersebut dikirim. Tidak ada yang akan melihat status pengetikan WhatsApp dengan metode ini.

2. Menyembunyikan status pengetikan di WhatsApp : Trik 2

Untuk cara yang ini anda diharuskan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Unduh aplikasi yang dinamakan GBWhatsApp dari tautan berikut https://goo.gl/1M6HcF atau http://www.mediafire.com/download/hyww9h04ab9pb9v/GBWAv4.81.apk. GBWhatsApp adalah mod untuk WhatsApp yang akan membuka sejumlah fitur tersembunyi dari WhatsApp yang mungkin belum pernah Anda dengar dan gunakan. Unduh dan Instal lalu pastikan untuk mencentang kotak atau mengaktifkan opsi Sumber Tidak Dikenal di dalam menu Pengaturan > Keamanan. Jangan khawatir, aplikasi ini tak mengharuskan perangkat harus di-root terlebih dahulu. Anda tidak memerlukan akses root ke Android Anda. Setelah terinstal, jalankan aplikasi GBWhatsApp dan verifikasi akun WhatsApp Anda. Jika semuanya berjalan lancar maka akan terlihat akun WhatsApp Anda di aplikasi tersebut. Masuk ke menu WhatsApp dengan mengetuk tiga titik di sudut kanan dan ketuk Privasi. Di bawah itu, ketuk Status Penulisan dan pilih yang diinginkan. Pilih Sembunyikan untuk kontak jika Anda ingin menyembunyikan status pengetikan untuk pesan pribadi atau pilih Sembunyikan untuk grup jika Anda ingin menyembunyikan status mengetik Anda dari grup-grup WhatsApp.

Penasaran dengan kedua trik di atas? Silakan dicoba!