Cara Cek Denda BPJS Cepat Dan Mudah

Jika anda sudah menjadi peserta/ anggota BPJS kesehatan, maka salah satu kewajiban yang anda harus lakukan adalah membayar iuran bulanan yang besarnya ditentukan dengan kelas BPJS. Pembayaran iuran BPJS ini sendiri wajib dibayarkan setidaknya sampai dengan tanggal 10 setiap bulannya. Apabila anda terlambat membayarkannya meskipun 1 bulan saja, maka kartu BPJS anda akan dinonaktifkan dan anda akan terkena tunggakan. Mungkin sebagian orang berfikir jika mereka berhenti membayarkan iuran mereka akan berhenti menjadi peserta BPJS. Itu salah besar, karena iuran tidak dibayar maka total tunggakan akan terus membesar dan kartu akan diblokir. Terlebih sekarang ini sistem pembayaran iuran bpjs menggunakan sistem va keluarga sehingga iuran harus dibayarkan dalam 1kali transaksi untuk seluruh anggota keluarga. Dengan kata lain, jika kita menunggak dalam waktu yang lama maka kita harus membayar tunggakan secara keseluruhan sekaligus untuk seluruh keluarga. Oleh karena itu, ada baiknya kita melihat tunggakan/ denda yang kita terima agar tidak semakin tinggi. Cara cek denda BPJS ini sendiri bisa dilihat dengan cukup mudah.
 maka salah satu kewajiban yang anda harus lakukan adalah membayar iuran bulanan yang besa Cara Cek Denda BPJS Cepat Dan Mudah

Cara mudah mengecek denda BPJS kesehatan

Pada tahun 2019 nanti, pemerintah akan mencanangkan semua warga Negara Indonesia harus sudah menjadi anggota bpjs dan jika ada yang belum menjadi peserta maka akan mempersulit mereka dalam mendapatkan pelayanan publik seperti membuat SIM, KTP, izin bangunan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, jika anda sudah bergabung maka anda sudah beruntung karena masih bisa mendapatkan pelayanan publik tersebut. Namun, jika anda sudah menunggak, maka sebaiknya anda melunasi tunggakan tersebut dari sekarang. Untuk melihat menunggak atau tidaknya dan besarnya denda itu sendiri anda bisa melihat cara mengecek denda bpjs secara online karena lebih mudah dan cepat.

Untuk melihat jumlah tunggakan sendiri bisa dilakukan dengan cukup simpel. Terlebih anda melakukannya dengan akses internet dimana anda bisa menggunakan gadget anda untuk mengeceknya. Dengan kata lain, kalian tidak perlu capek-capek pergi ke kantor BPJS terdekat untuk mendapatkan informasi denda tersebut. Cara cek denda BPJS sendiri bisa kita lihat sebagai berikut:

1. buka situs cek pembayaran tagihan BPJS yang bisa diakses di situs resmi bpjs-kesehatan.go.id

2. selanjutnya, anda kan diminta untuk memasukkan data-data sebagai berikut:

· nomot kartu BPJS, isikan dengan nomor kartu bpjs kalian

· tanggal lahir, masukkan tanggal lahir sesuai dengan yang tertera di kartu bpjs

· angka validasi, isikan angka yang nampak pada gambar diatasnya

3. Jika sudah terisikan semua, silahkan tekan tombol cek dan sistem akan melakukan pengecekan tagihan

4. silahkan tunggu hingga proses selesai

Jika cara mengecek denda bpjs diatas bisa dilakukan dan berjalan lancar, maka anda akan mendapatkan berbagai informasi terkait BPJS meliputi nama peserta, nomor peserta, status kepesertaan, jenis peserta, jumlah anggota keluarga, dan informasi terkait dengan tagihan dan informasi tanggal pembayaran terakhir.

Demikianlah Cara cek denda BPJS yang bisa kalian gunakan untuk mengecek denda BPJS yang anda miliki. Selain untuk mengecek denda bpjs, cara tersebut diatas juga bisa digunakan untuk mengecek nomor peserta anggota keluarga yang kartunya hilang. Selain itu juga bisa digunakan untuk melihat status pembayaran dan juga cek status kepesertaan apakah masih aktif ataupun belum (untuk pertama kali mendaftar menjadi anggota). Dengan kata lain, cara tersebut diatas bisa digunakan untuk anda mengetahui berbagai informasi yang anda ingin dapatkan berkaitan dengan BPJS.